Illegal Logging di Kab Barru Sulsel

uuuuuuuuuuuuuuuuuSejak dulu sampai sekarang Kabupaten Barru terkenal sebagai daerah tujuan pengiriman kayu ulin dari Pulau Kalimantan. Pengiriman kayu ulin ini diduga keras kayu ilegal logging.

Seperti yang terjadi pada tanggal 31 Desember 2012 lalu dan tanggal 4 Januari 2012 atau tepatnya hari ini, ada kapal yang melakukan pembongkaran kayu ulin di Pantai Ujunge, Kelurahan Palanro, Kecamatan Mallusetasi. Barang bukti dan pelaku dengan mudah dapat dilakukan penagkapan jika ada kemauan untuk bertindak.

Kegiatan bongkar muat, pengangkutan, dan pemasaran kayu ulin di wilayah pesisir pantai Kecamatan Soppeng Riaja dan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Provinsi Sulsel, tampak ramai dan berlangsung aman-aman saja. Diduga keras terdapat jaringan kuat membekingi aktivitas pengiriman dan pembongkaran barang haram ini.

Selama ini aturan dalam Peraturan Nomor P. 65/Menhut-II/2008 sudah sangat jelas melarang pengiriman kayu ulin keluar dari Pulau Kalimantan. Namun, pihak terkait seakan tak mau tahu aturan tersebut. Bahkan terdapat upaya untuk melakukan konspirasi jahat dalam melegalkan barang haram ini.

Karena kegiatan bongkar muat kayu ulin telah berlangsung lama sampai sekarang, diminta dengan hormat kepada Kapolri untuk membongkar jaringan pengiriman kayu ilegal ini dan menindak tegas para pelakunya serta menangkap beking kayu ilegal ini.(FB)

Komentar ditutup.