SULAWESI SELATAN SIAP MENJADI IBUKOTA NEGARA

Sabtu, 19 Februari 2011 – 04:09:43 WIB

Diposting oleh : Rahmania

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 17 Februari 2011, telah mengirimkan surat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), terkait kesiapan Sulawesi Selatan menjadi ibu kota negara. Sekretaris Wilayah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, A. Muallim mengatakan, surat rekomendasi yang ditandatangani Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo itu juga berisi kajian tentang kesiapan dan potensi Sulawesi Selatan menjadi ibu kota pengganti Jakarta sesuai hasil seminar nasional bertajuk Ibu Kota Negara, Harapan dan Tantangan, di Makassar, 24 Januari 2011 dan diharapkan bisa mendapat respon positif sehingga memilih Kota Makassar dan Sulawesi Selatan sebagai ibu kota negara.
A.Muallim mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan berharap surat rekomendasi itu dapat ditindaklanjuti pemerintah pusat, dalam rekomendasi itu, pemerintah provinsi mengusulkan Kota Makassar dan sejumlah kota satelit bisa menjadi pusat pemerintahan menggantikan Jakarta. Sedangkan Jakarta bisa menjadi pusat perekonomian di Tanah Air. Usulan ini juga merupakan respons atas berkembangnya wacana pemindahan ibu kota negara beberapa bulan lalu. Bahkan pemerintah pusat sudah melakukan kajian mengenai wacana tersebut akibat semakin semrawutnya kondisi Jakarta, sehingga tidak layak lagi sebagai ibu kota negara. Dia menyebutkan usulan yang dikirimkan ke pemerintah pusat ini bukan serta merta dari keinginan Pemerintah Sulawesi Selatan, melainkan hasil rekomendasi seminar nasional yang dihadiri sejumlah pakar diantaranya, pakar pemerintahan dan otonomi daerah, Ryaas Rasyid, mantan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara, Tanri Abeng dan pengajar Bidang Pertahanan dan Keamanan Lembaga Ketahanan Nasional, Laksamana Muda Willem Rapangilei.
Dalam berbagai kesempatan, Gubernur Sulawesi Selatan memberikan respons positif dengan menangkap peluang perpindahan ibu kota tersebut. Makassar dengan sejumlah kota penyangganya, seperti Maros, Gowa, Takalar siap dijadikan ibu kota negara. Secara historis, Sulawesi Selatan sangat memungkinkan menjadi ibu kota negara lantaran pada era prakemerdekaan, daerah ini menjadi pusat perdagangan dan juga menjadi penopang pangan nasional dan secara topografi dan geografi, letak Sulawesi Selatan berada tepat di tengah Indonesia. Ini sangat baik dari segi potensi wilayah dan keamanan negara. Sulawesi Selatan juga memiliki kawasan Mamminasata (Maros, Sungguminasa dan Takalar) yang akan dikembangkan jadi kota baru.
Sementara itu, berdasarkan kajian Tanri Abeng pada Seminar Nasional bertajuk Ibu Kota Negara, Harapan dan Tantangan, di Makassar. Saat ini, Jakarta tidak dapat lagi dipertahankan sebagai ibu kota negara. Kondisi Jakarta sudah sesak, semua sumber daya manusia yang berpotensi datang ke Jakarta, karena semua terpusat disana sehingga daerah susah untuk berkembang. Untuk itu harus dilakukan penyebaran pemerintah agar mampu menopang pengembangan ekonomi di luar Jawa.
Nia/A. Suri /Ridwan (Jumat, 18 Februari 2011)

Komentar ditutup.