Nelayan Selayar Rentan Menjadi Korban Bom Ikan

6/2/2006 8:25 WIB

Dua Warga Pulau Tambolongan yang Kena Bom Ikan Akan Dirujuk ke RS Pelamonia Makassar

, Arsil Ichsan – Selayar, Dua dari tiga orang warga Pulau Tambolongan Kabupaten Selayar yang terkena bom ikan menurut rencana hari ini akan dirujuk ke RS Pelamonia Makassar.

Keduanya, yakni Suama dan Juma`ang saat ini masih dalam perawatan intensif tim medis di RS Kabupaten Selayar. Mereka mengalami luka pada bagian kepala dan luka di bagian matanya.

Sementara itu sebanyak 33 warga Pulau Tambolongan yang saat ini mendekam di Rutan Selayar masih menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik terkait kasus dugaan pembunuhan dan pengerusakan kapal milik Firman, setelah sebelumnya Firman ditemukan melakukan pengemboman ikan di perairan Pulau Tambolongan.

Menurut sejumlah warga, Firman tewas akibat terkena bomnya sendiri ketika berusaha melarikan diri dari kejaran warga Pulau Tambolongan yang terkenal anti kegiatan destructive fishing.

Ketika terdesak, Firman kemudian melemparkan bom ikan ke arah warga Pulau Tambolongan yang mengejarnya. Bom yang dilempar Firman kemudian mengenai dirinya sendiri hingga dia tewas.

Hal tersebut disampaikan sejumlah warga ketika bertemu dengan anggota DPR RI Tamsil Linrung di Rutan Selayar, Minggu (5/2) kemarin petang.

Akibat tewasnya Firman, petugas Kepolisian Resort Selayar kemudian melakukan penyergapan dan menangkap 38 warga Tambolongan, lima diantaranya anak-anak. Setelah menjalani pemeriksaan, ke-33 warga tersebut dinyatakan sebagai tersangka. (doa)

Komentar ditutup.