Isi Usulan Forum Peduli Selayar Ke Kapolda Sulselbar Melalui Layanan Web Pengaduan Online

Pengusutan Dugaan Tindak Pidana Dan Usul Ekspose Hasil Penyelidikan dan Penyidikan
Assalamu Alaikum Wr.Wb.

Dengan hormat, kami dari Pengurus Forum Peduli Selayar meminta kepada Bapak Kapolda Sulawesi-Selatan, kiranya dapat menindak lanjuti sejumlah informasi yang beredar di tengah tengah masyarakat Selayar yang kami nilai sangat kuat dugaan kebenaran informasinya sehingga perlu mendapat pemeriksaan pihak berwajib. Diantaranya :

1. Informasi adanya dugaan penyelewengan dana bantuan pemkab kepada Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Selayar dalam proposal pelaksanaan Kursus Mahir Dasar (KMD) tahun 2008 sebesar Rp.50.000.000,-(limapuluh juta rupiah). Berita dan informasi yang kami nilai dapat dipercaya yang kami dapatkan dari pengakuan awal H.Ambo Rappe, senior pembina pramuka Selayar kepada kami, yakni proposal pelaksanaan kegiatan di buat oleh H.Ambo Rappe adalah untuk kegiatan Kursus Mahir Dasar bagi pembina pramuka Selayar saat itu, yang kemudian di akomodir oleh Bupati Selayar sebesar 50 juta rupiah. namun kemudian H.Ambo Rappe heran karena dana yang di terima oleh pengurus Kwarcab Selayar digunakan tidak sesuai perihal dan maksud proposal yang di ajukan. Kemudian H.Ambo Rappe juga tidak mengetahui dana tersebut digunakan untuk kegiatan apa dan kapan.

Dugaan lainnya adalah adanya sejumlah berkas dalam kepramukaan Selayar yang di duga adalah tanda tanga palsu yang merupakan hasil scan komputer. hal ini dapat dilihat dari sejumlah surat tugas, surat undangan, proposal, dan surat kuasa pencairan termasuk dugaan adanya tanda tangan hasil scan komputer dalam pertanggungjawaban dalam penggunaan dana dana kegiatan yang merupakan bantuan pemerintah dan bantuan pusat (kwarnas) dalam kurun waktu setahun terakhir.

2. Pemeriksaan terhadap pengelolaan air minum yang bersumber dari mata Air Topa Matalalang yang dikelola PDAM Selayar . kami sangat kuat dugaan, bahwa air minum yang diperjual belikan oleh PDAM Selayar yang bersumber dari mata air Topa tidaklah layak untuk di konsumsi karena hingga saat ini belum ada satupun hasil lab/penelitian resmi yang menjamin bahwa air minum yang di jual oleh PDAM Selayar bebas dari Kuman Ekoli. Perlu di ketahui bahwa kuman air Ekoli sangat berbahaya dan mengancam keselamatan nyawa manusia.

3. Pemeriksaan terhadap Proyek pembangunan Jaringan Komunikasi Coremap senilai 1 Miliar Lebih TA.2010 yang di duga terjadi Mark Up dan tidak sesuai bestek. Fakta yang kami dapatkan bahwa perencanaan proyek tersebut adalah terbangunnya jaringan komunikasi antara kantor Dinas Perikanan & kelautan Selayar/Coremap Selayar dan sejumlah wilayah kepulauan selayar. Dimana sejumlah tower pembantu telah dibangun di wilayah kepulauan yang hingga saat ini tidak dapat tersambung oleh jaringan komunikasi yang ada sesuai perencanaan. Sehingga di duga kuat ada ketidak beresan dalam proyek ini. Kemungkinan besar terjadi mark up dan tidak sesuai juknis dan spesifikasi barang.

4. Pemeriksaan terhadap adanya dugaan penyimpangan dalam proyek jalan lingkar jampea . Proyek ini bernilai 5 Miliar lebih namun hingga saat ini tidak dapat dinikmati oleh warga.

5. Pemeriksaan intensif terhadap bendahara Dinas pendidikan Selayar yang telah melaporkan diri ke Polres Selayar telah menjadi korban hipnotis dan kehilangan uang sebesar 200 juta lebih. Hal pertama adalah “apakah betul hal ini terjadi ?” dan apakah mungkin dana negara dapat di bawa kemana mana atau di titip di rumah bendahara. Perlu cross chek silang antara pejabat pemberi cek dan pihak bank yang menerima cek serta pembawa cek dalam hal ini bendahara. terkait waktu pencairan cek dan waktu kejadian serta tempat kejadian dan waktu bedahara melaporkan kejadian yang menimpanya.

Demikian sejumlah usulan pemeriksaan terhadap dugaan terjadinya tindak pidana yang sebagian di duga kuat telah merugikan negara dan sebagiannya lagi diduga kuat mengancam keselamatan manusia.

Atas perhatian dan respon dari Bapak, kami haturkan banyak terima kasih.

Forum Peduli Selayar

Komentar ditutup.