Jutaan Ulat Bulu Terus Menyerang Wilayah Jombang

Wah, Ulat Bulu Jombang Ganti Serang Daerah Pinggiran

Meski populasi ulat bulu di Jalan Kertajaya dan Hayam Wuruk Jombang yang menyerang pepohohan dan pemukiman sudah terlihat susut. Namun hama ulat bulu kini menyebar ke 2 Kecamatan, yakni Jogoroto dan Ngusikan.

“Di dua kecamatan itu, hama ulat menyerang tanaman mangga,” kata Kepala Dinas Perta- nian Kabupaten Jombang, Suhardi kepada wartawan, Kamis (7/4).

Suhardi menjelaskan, di Kecamatan Jogoroto, hama ulat menyerang beberapa pohon mangga yang ada di Desa Alang-alang Caruban. Demikian pula di Ngusikan, sasarannya juga pepohonan mangga yang banyak tumbuh di pelataran rumah warga.

Saat ini untuk mengantisipasi membludaknya jumlah ulat bulu, warga sudah melakukan penebangan ranting pohon. Sementara untuk ulat yang jumlahnya masih sedikit itu dibakar warga desa, agar populasinya tidak bertambah.

“Kita takutkan nanti seperti di Jalan Hayam Wuruk. Malam belum ada, tiba-tiba pagi jumlahnya sudah sangat banyak,” tandas Suhardi.

Seperti diberitakan sebelumnya, ulat bulu di Jombang telah menyerang pepohonan dan rumah warga di Jalan Kertajaya dan menyebar ke Jalan Hayam Wuruk yang berjarak sekitar 300 meter.

Meski sudah dipastikan populasinya menyusut di lokasi awal, kini hewan melata tersebut sudah menyerang tempat lain di derah pinggiran Kabupaten Jombang. Jarak Kecamatan Jogoroto dengan lokasi awal sekitar 7 Km. Sementara untuk Kecamatan Ngusikan, jaraknya hampir 25 Km dari kota Jombang. [detik]

Komentar ditutup.