Berita Terbaru MotoGP 2011

Ducati mungkin menjadi tim tersibuk awal musim MotoGP 2011. Saat ini, tim Italia itu sedang ngebut membereskan dua program besar sekaligus. Pertama, merombak motor 2011 agar bisa segera menang bersama Valentino Rossi. Kedua, mematangkan motor 2012, yang akan mengikuti regulasi baru mesin 1.000 cc.

Di Grand Prix Spanyol Minggu lalu (3/4), Ducati memang sangat kompetitif. Valentino Rossi punya kans besar menang, namun kandas gara-gara membuat kesalahan di awal lomba.

Nicky Hayden lantas finis ketiga, memanfaatkan para pesaing yang berguguran. Meski demikian, Ducati sadar betul kecepatan mereka di Sirkuit Jerez diraih berkat bantuan hujan. Kalau lintasan kering “normal,” mereka masih harus kerja keras untuk memburu Honda dan Yamaha.

Rossi, yang dikenal penuntut soal kemajuan motor, sudah meminta agar Ducati segera merombak motor GP11 secepat mungkin. Dia minta motor versi terbaru sudah siap di awal Mei, saat sesi uji coba khusus setelah lomba MotoGP berikutnya di Estoril, Portugal.

Perombakan itu, rupanya, ada pada bagian mesin. Menurut laporan Motorcycle News Inggris, Rossi komplain kalau karakter mesin Ducati sekarang membuat motornya jadi understeer (berat) di tikungan.

“Kami harus bekerja membuat power mesin terasa lebih cepat, lebih mudah dikontrol. Jadi kami butuh re-tuning mesin. Sedikit desain ulang pada mesin bisa menolong, begitu pula beberapa hal lain,” papar Jerry Burgess, bos teknis Ducati yang sudah mendampingi Rossi sejak masih di Honda dan Yamaha.

Saat ini, MotoGP memang “agak libur.” Lomba berikutnya baru berlangsung 1 Mei di Portugal. Tapi, bisa dibayangkan betapa sibuknya kru Ducati sekarang, karena mesin baru itu sudah harus dijajal Rossi pada 2 Mei.

Kalau mesin baru itu segera siap, Burgess bilang Ducati sudah bisa “membahayakan” lawan di pertengahan musim. “Kalau di akhir musim kami masih berada di urutan tiga, empat, atau lima (klasemen), tapi juga mampu mencuri satu-dua kemenangan, maka itu sudah memuaskan. Kalau tidak, maka itu berarti kami kurang bekerja,” tandas Burgess.

Sementara mesin GP11 baru sedang dikebut, Ducati sekarang juga mulai menyelesaikan prototype pertama motor GP12, yang memakai mesin 1.000 cc. Bahkan, rencananya motor itu sudah digeber di Jerez, Spanyol, pekan ini juga, selama 3 hari.

Vittoriano Guareschi, bos tim Ducati, mengaku kalau mesin 1.000 cc-nya sudah selesai testing performa di pabrik, dan sudah pula selesai testing ketahanan. Guareschi sendiri rencananya menguji motor baru itu, bersama test rider Franco Battaini.

Kabarnya, modifikasi pada mesin GP11 juga akan dijajal di Jerez oleh Guareschi dan Battaini. Agar benar-benar siap ketika Rossi menjajalnya 2 Mei mendatang.

Sementara itu, Honda kabarnya juga sudah menyiapkan motor 2012 mereka. Bahkan, kabarnya motor itu sudah siap dijajal pada pertengahan Maret lalu di Motegi, Jepang. Sayang, karena gempa dan tsunami yang melanda, uji coba harus ditunda. Belum jelas, kapan motor 1.000 cc Honda akan turun pertama di lintasan. [jpnn]

Komentar ditutup.