Harta Karun Masih Banyak Di Perairan Laut Nusantara

Perairan Indonesia Punya Banyak Kapal Harta Karun

Selain membawa bencana, tsunami Mentawai beberapa waktu lalu juga membawa kapal harta karun. Ahli mengatakan banyak kapal harta karun di perairan Indonesia.

Arkelog Senior Indonesia di Pusat Penelitian dan Tenaga Pengembangan Arkeologi Nasional Prof Harry Truman mengatakan, “Di perairan Indonesia terdapat banyak kapal karam”.

Sudah banyak kapal harta karun diketahui, namun masih banyak pula yang belum diketahui. Secara geografi, perairan Indonesia sangat strategis. Perairan Indonesia dilalui banyak kapal dari berbagai arah. “Jelas banyak kapal karam, bahkan ribuan!” paparnya.

Arkeolog ini menilai karena tsunami beberapa waktu lalu di Mentawai, kapal karam berisi harta karun itupun terekspos. Daerah perairan Mentawai memang merupakan jalur perdagangan.

“Meski tidak seramai Selat Malaka, jalur barat itu langsung berhadapan dengan laut luas dilewati kapal India, Afrika, atau bahkan Eropa,” katanya.

Untuk menilai apakah harta karun dalam kapal itu berharga atau tidak, dapat diketahui dari jenis kapal, asal abad, misi, dan isi.

Seperti diketahui, kapal itu berisi pot keramik, kalung emas dan rempah-rempah berharga. “Jelas, harta karun itu penting”.

Menurut pria yang akrab dipanggil Harry ini, di perairan Indonesia terdapat banyak kapal karam. “Di sekitar Sulawesi dan Sumatra masih banyak kapal itu. Sejak awal masehi di daerah itu memang ramai dilewati kapal bermotif perdagangan dan petualangan,” katanya.(inilah.com)

Komentar ditutup.