Pulihkan Kerjasama Militer, Amerika Butuh Kopassus

Dino Patti Jalal

Kopassusmaiwanews – Juru Bicara Presiden Bidang Luar Negeri Dino Patti Jalal mengatakan bahwa keinginan Amerika memulihklan kerjasama militer dengan Kopassus dilatarbelakangi oleh kepentingan negeri adidaya itu sendiri.

Dinno menolak anggapan bahwa dalam kerjasama militer antara Amerika dan Kopassus Indonesia yang kembali dijalin itu, merupakan upaya AS untuk mendikte Indonesia.

Sebaliknya, Dinno berpandangan bahwa AS justru ingin mengejar ketertinggalan dengan bekerjasama dengan Kopassus, sebab negara-negara lain telah intensif bekerjasama dengan Kopassus.

“Kopassus merupakan salah satu yang terbaik di Asia. Mereka mempunyai antiteror yang handal. Jadi ini kepentingan AS sendiri,” kata Dino yang tidak lama lagi akan bertugas sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika.

Seperti diketahui, kerjasama militer Amerika dengan Kopassus dihentikan secara sepihak oleh AS selama 12 tahun terakhir, karena mereka menganggap TNI telah terlibat dengan sejumlah pelanggaran HAM di Indonesia.

Pemulihan hubungan itu disampaikan oleh Menhan AS Robert Gates sesaat setelah diterima Presiden SBY di Istana. Menurut Robert, pemulihan itu dilakukan salah satunya karena TNI dinilai telah berhasil melakukan reformasi.

Komentar ditutup.