Politik Selalu Menjadi Penunggang, Lsm dan Media Kerap Tertunggangi

Hasil Kongres GMNI Ditunggangi Elit Politik

BALIKPAPAN – Sejumlah pengurus DPC GMNI di Indonesia yakni DPC Jember, Malang, Jogja, Solo dan Semarang kecewa atas pelaksanaan kongres. Mereka juga menduga Kongres GMNI telah diintervensi dan ditunggangi elit politik memiliki kepentingan. Karena itu meraka yang tak puas atas pelaksanaan kongres membentuk Deklarasi Balikpapan terkait hasil Kongres GMNI 21-28 Maret berlangsung di Asrama Haji Batakan. “Setelah melalui evalusiasi kami menilai kongres di Balikpapan telah menyimpang jauh dari cita-cita organisasi,” kata Ketua DPC GMNI Jember Andi Wasis di Balikpapan kemarin.
Menurutnya GMNI sebagai organisasi besar harusnya indenpenden dan kritis serta mampu mencegah kemungkinan dijadikan arena kongres untuk kepentingan elit politik. “Kami ingin berdiri sendiri tanpa ada intervensi dari alumni yang sudah jadi elit politik,” terangnya.
Ketua DPC GMNI Jogya Herman menyayangkan hasil kongres gagal membawa ke arah perubahan. “Ide dan gagasan sesuai cita-cita organisasi gagal terakomodir. Sebab kongres ini dipahami untuk kepentingan elit politik,” ucapnya.
Ia menyebutkan kongres GMNI gagal membawa organisasi menjawab problem kebangsaan yang berkembang di masyarakat. “Kongres ini ditunggangi arus kepentingan pragmatis elit politik dan bukan sesuai ideologi organisasi,” ucapnya.
Demikian pula Ketua DPC GMNI Solo Iman Satria menegaskan Deklarasi Balikpapan menolak segala bentuk intervensi alumni yang memetingkan kepentingan elit politik. “Kami menolak pragmatis dan GMNI telah kehilangan roh. Kami ingin GMNI kembali ke jalur cita-cita dan ideologi organisasi yang indenpenden,” terangnya.
Deklarasi Balikpapan rencannya menggelar aksi lanjutan dalam bentuk diskusi di Malang pada Juni mendatang. “Kami akan melakukan pertemuan se–Indonesia untuk mengawal GMNI agar tak ditunggangi kepentingan elit,” tambah Iman.
Hasil kongres GMNI XVII di Balikpapan sejak 22 hingga 27 Maret telah memilih ketua Twedy Noviady dari DPC GMNI Sumedang dan Sekjen Syaiful asal DPC GMNI Pamekesan. Selain itu kongres juga menghasilkan 10 poin keputusan. (din)

Komentar ditutup.