LSM Forum Lintas Media Kutuk Pembunuhan Wartawan Sun TV

Penganiayaan terhadap jurnalis atau wartawan yang salah satunya adalah korbannya Ridwan Salamun, wartawan Sun TV yang terjadi di Tual, adalah sebuah tindakan brutal yang dilakukan oknum yang tidak memahami tugas mulia wartawan.

“ Ini menambah daftar keprihatinan kita, bahwa di usia Indonesia yang ke – 65, masih ada warga yang “buta jurnalistik”. Mereka itu tidak memahami tugas wartawan. Ini juga menjadi catatan sejarah panjang penganiayaan wartawan saat melakukan peliputan di lapangan. Kami meminta aparat Kepolisan agar segera menangkap Pelakunya.” Tegas Sulhayat Takdir, SH, Ketua Forum Lintas Media (Forum Lima) di Makassar.

Penganiayaan wartawan yang belakangan meningkat akhir-akhir ini, juga harus menjadi catatan bagi organisasi Pers Indonesia, untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, sehingga warga begitu nekad melakukan penganiayaan terhadap jurnalis yang sedang melakukan peliputan berita, utamanya menyangkut sejauh mana peran organisasi pers memberikan sosialisasi tentang peran tugas wartawan kepada masyarakat, agar masyarakat bias melek jurnalistik.

Selain itu, Sulhayat yang juga adalah wartawan anggota PWI, juga menekankan pentingnya keamanan diri bagi seorang wartawan yang hendak melakukan peliputan berita di lapangan, khususnya melakukan peliputan berita yang rawan terhadap resiko seperti yang terjadi di Tual itu.

“Wartawan dalam melaksanakan tugasnya di lapangan, tidak saja mementingkan momen berita, tapi juga harus memperhatikan keamanan dirinya.” Pesan Sulhayat.

Komentar ditutup.