Konflik Antar Negara Menguntungkan Perusahaan-Perusahaan Pemasok Senjata

Penulis : Febby Syahputra, Asia-Africa Reading Club, Bandung
Menanggapi Tulisan Hendrajit – Pemerintah Georgia Berkolaborasi Dengan Kelompok Hawkish Washington Untuk Penjualan Senjata: Ketegangan antar berbagai negara banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan pemasok senjata, sebab secara ekonomi dan bisnis hal ini menciptakan kegiatan produksi dan penjualan dengan keuntungan yang besar. Semain banyak konflik maka semakin beruntunglah perusahaan ini. Semoga bangsa Indonesia tidak bergantung dari pasokan senjata asing. semoga kita mampu memanfaatkan industri pertahanan seperti PINDAD, DAHANA, PAL, Dll.
Selain itu, ada lagi satu pertanyaan di benak saya yang tak kalah penting dan sebaiknya digali lebih jauh oleh Global Future Institute, khususnya Mas Hendrajit sebagai penulis artikel ini.

Pertama, mengapa kelompok hawkish begitu berpengaruh? Apakah dalam kelompok ini banyak terdapat pengusaha-pengusaha kaya yang banyak memberikan keuntungan ekonomi kepada pemerintah AS? Kedua,  bagaimana hubungan antara kelompok hawkish dengan  apa yang disebut Dewan masalah-masalah luar negeri Amerika serikat atau Council of Foreign Relations ? Ketiga, bagaimana jaringan kelompok hawkish terhadap perpolitikan di Indonesia?

Komentar ditutup.